Sunday 4 October 2020

Kurangi Dari Sekarang! Dampak Buruk Ngomong Kasar Kalau Kamu Sering Melakukannya

Dampak buruk ngomong kasar bisa kamu rasakan jika kamu terlalu sering berkata kasar, ketika di lingkungan sosial tentunya kita akan bertemu dengan banyak orang. Seperti teman, kerabat, dan melakukan percakapan yang membahas sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan. Dan semakin banyaknya percakapan yang kalian lakukan, biasanya tak jarang seseorang mengeluarkan kata kata kasar.

Banyaknya percakapan bisa menjadi kesempatan untuk berkata kasar, mungkin beberapa orang menganggap berkata kasar merupakan hal yang lumrah, dan mungkin saja di daerah orang tersebut kata kata kasar merupakan bahasa sehari hari. Namun saat kamu berkata kasar sebaiknya melihat latar belakang lawan bicara terlebih dahulu, dan melihat kondisi saat kalian sedang melakukan percakapan.

Tidak semua orang bisa paham dengan budaya kamu, dan juga tidak semua orang mengerti bagaimana sifat kamu yang sebenarnya. Mungkin berkata kasar biasa kamu gunakan dengan sahabat dekat kamu, tapi tidak dengan orang orang yang baru mengenal kamu. Jika kamu sudah terbiasa berkata kasar dengan siapa saja hal tersebut juga akan berdampak buruk dan menjadi bumer untuk dirimu sendiri.

Dampak Buruk Ngomong Kasar Jika Terlalu Sering

Orang Lain Pasti Akan Tersakiti Oleh Tingkah Burukmu

Bagaimana tidak, setiap insan memiliki karakter individu masing-masing berbeda. Dan tidak semua orang akan menerima kelakuanmu yang sering berkata kasar. Tak sedikit orang yang pasti akan tersakiti hatinya oleh perkataannya yang mungkin menurut kamu itu hal yang wajar-wajar saja. Oleh karena itu, menjaga perasaan lawan bicara harus diperhatikan dan harus tepat dengan tujuan percakapan kalian. Jangan sampai kamu terus mengeluarkan kata kasar tanpa memikirkan lawan bicaramu karena tidak menutup kemungkinan ia sakit hati atas perkataanmu.

Kamu Tidak Akan Dihargai Orang Lain

Sudah jelas, jika kamu tidak ingin orang lain tidak menghargaimu, maka kamu harus bisa menghargai orang lain juga, salah satunya dengan cara berbicara dengan sopan dan tidak bikin orang sakit hati. Jika kamu berkata kasar dengan orang yang tidak terbiasa dengan hal itu, maka orang itu akan merasa tidak dihargai oleh kamu. Maka dari itu, perkataan baik akan dibalas dengan baik, sebaliknya, perkataan buruk maka orang lain pun seperti itu ke kamu.

Kamu Akan Dijauhi Oleh Orang Lain

Dampak buruk ngomong kasar kamu bisa dijauhi oleh banyak orang. Jika kamu terus menyakiti orang lain dengan cara berkata kasar terus menerus, maka mereka tidak akan menghargaimu bahkan juga mereka perlahan akan menjauhi dirimu. Hal itu pasti sangat merugikan kamu, disaat kamu membutuhkannya, ia malah menjauhi kamu. 

Sikap Bijaksana Dalam Dirimu Akan Menghilang

Orang yang selalu berkata kasar lambat laun akan hilang sikap bijaksananya. Terlebih lagi orang yang banyak bicara itu biasanya apa yang mereka sampaikan sama sekali tidak bermutu. Tetap selalu kamu ingat, hidup itu tidak selalu tentang bagaimana keseharian kamu. Melainkan mengenai bagaimana kamu bisa memperoleh banyak pelajaran.

Hal Tersebut Akan Menjadi Kebiasaan Buruk

Dampak buruk ngomong kasar bisa menjadi satu kebiasaan buruk. Mengapa berkata kasar terus menerus berpotensi menjadi kebiasaan buruk, karena semua hal yang berlebihan itu sifatnya tidak baik, hal tersebut dapat kamu praktikan dengan berkata kasar. Jika dalam hidupmu selalu berkata kasar, hal tersebut akan dampak buruk bagi kamu dan lingkungan sekitar kamu. Oleh karena itu semuanya balik lagi pada dirimu sendiri yang berhak menentukan pilihan. Dan ingatlah selalu bahwa latar setiap orang berbeda-beda, maka dari itu janganlah sering berkata kasar terutama terhadap orang yang kamu baru kenal.


Share: